Thursday, August 18, 2016

Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Umat Manusia

Setiap manusia pasti mempunyai  keinginan menjadi yang lebih baik dari hari ke hari, beragam jalan Allah sediakan  agar manusia mau berusaha dan semakin dekat kepada-Nya, segala hasil yang diraih oleh manusia adalah sesuai dengan usaha dan jerih payahnya. "Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, kamu pasti akan menemuinya," (QS al-Insyiqaq [84]: 6).

Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Umat Manusia

Selain usaha , ada bagian penting lainnya yang menentukan hasil  dari usaha manusia yaitu Doa.Doa memiliki arti permintaan , dalam Islam doa berarti pengakuan seorang hamba atas rahmat dan ketentuan Allah sehingga meminta pertolongan dari-Nya. Orang yang tidak mau berdoa kepada Allah bisa dikatakan orang yang takabur (sombong) karena tidak menempatkan Allah sebagai penentu segalanya (QS al-Mu'min [40]: 60). Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT sangat murka kepada orang yang tidak mau berdoa kepada-Nya," (HR Ibnu Majah).

Setiap manusia berharap bahwa doanya mustajab dan akan dikabulkan oleh Allah , Mustajab berarti dijawab. Doa mustajab adalah doa yang di jawab oleh Allah baik dengan mengabulkannya semasa di dunia, menyimpan permintaan itu dan nanti diberikan di akhirat, atau Allah merubah doa yang diminta menjadi bentuk yang lebih bermanfaat, misal menghindarkan dari usibah yang menimpannya.

Syarat ditemimanya Doa
1.    Tujukanlah doa yang disampaikan dengan kemurnian doa yang dipanjatkan hanya kepada Allah,
2.    Yakinlah bahwa Allahlah yang bisa mewujudkan atau mengabulkan doa kita
3.    Berdoala dengan sungguh – sungguh dengan sepenuh hati dan khusyu.
4.    Bersungguh-sungguh dalam berdoa dan tidak hanya sekedar meminta
5.    Panjatkanlah doa dengan adab-adab berdoa.

Penyebab tidak terkabulnya doa
1.    Berbuat maksiat
2.    Memakan makanan dan minuman yang haram
3.    Meninggalkan doa karena ingin segera terkabul

Dalam penyampaian doa, Nabi menjelaskan adanya waktu dan tempat yang disukai Allah sehingga doa yang dipanjatkannya itu Insya Allah menjadi doa yang mustajab.

Waktu – waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa :
1.    Saat bersujud ketika sholat, kita hendaknya memanjatkan doa ketika sujud, karena saat itu merupakan kondisi yang baik untuk menyampaikan doa kita
2.    Antara Waktu adzan dan iqamat, Nabi bersabda : “Doa yang tidak akan ditolak antara adzan dan iqamat”, Begitu pun ketika akan melaksanakan shalat setelah iqamat dikumandangkan, mempunyai keutamaan dakam memanjatkan doa.
3.    Setelah selesai melaksanakan shalat wajib, seorang muslim yang baik hendaknya tidaktergesa-gesa meninggalkan tempat shalat, melainkan panjatkanlah doa kepada Allah dengan penuh kekhusyuan,karena berdoa setelah melaksanakan shalat merupakan doa yang paling di dengar.
4.    Sepertiga malam terakhir, lakukanlah shalat Tahajud setelah itu panjatkan doa kepada Allah karena doa pada pertengahan malam terakhir merupakan doa yang mustajab.
5.    Saat ayam jantan berkokok, Rasulullah bersabda: Jika kalian mendengan ayam jantan, maka mintalah kepada Allah dari karunia-Nya, karena ia melihat malaikat( Bukhari,3/3127:Muslim 4/2729)
6.    Hari Jumat, di hari jumat terdapat satu waktu yang doanya akan dikabulkan oleh Allah.
7.    Bulan Ramadhan , bulan ramadhan merupakan bulan suci bagi umat manusia disana semua aktifitas kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya , begitu pula doa yang dipanjatkan oleh hambanya akan dikabulkan di bulan ini.
8.    Ketika meminum air zam-zam , saat meminum air zam-zam hendaknya memanjatkan doa untuk kebaikan kita di dunia dan diakhirat.

Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Umat Manusia


Dengan doa, kita akan mendapatkan kedamaian , semangat hidup dengan rasa optimistis yang besar, dan emosi dapat dikendalikan. Doa juga menjadi penyejuk pada saat menghadapi musibah. Doa adalah sarana komunikasi manusia dengan penciptanya . Jadi berdoalah,  dengan  kekuatan doa menjadikan manusia lebih sadar hakikat mereka sebagai manusia untuk mencapai tujuan.






Share this

0 Comment to "Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Umat Manusia"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D