Wednesday, June 8, 2016

Ladang Pahala di Bulan Ramadhan

Happy Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, pada bulan ini tiap amal ibadah kita pahalanya akan dilipat gandakan. Betapa beruntungnya bila kita sebagai umat islam dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai ladang pahala. Pahala besar terhampar luas bagi orang-orang yang mau untuk melakukan kebaikan. Kebaikan kecil namun memiliki nilai luar biasa di antaranya adalah memperbanyak sedekah walaupun sedikit, berbuat baik dengan sesama orang terdekat adalah hal yang bisa kita lakukan dengan mudah.
 
Diriwayatkan dalam hadist shahih:
Rasullah ditanya: “sedekah manakah yang paling utama? beliau menjawab: Sedekah di Bulan Ramadhan.” (H.R. Turmudzi).

Mencari Ladang Pahala di bulan ramadhan ini,  kita bisa melakukan sesuatu hal yang sifatnya sederhana, namun dengan kebaikan kecil yang kita lakukan akan menjadi manfaat yang begitu besar bagi orang lain, hal kecil apa saja yang menjadi ladang pahala di bulan ramadhan ini adalah :
1.    Mencuci Mukena dan Kain Sarung di Mesjid
 
 Datanglah ke mesjid terdekat dirumah kita, ambil sebagian mukena dan kain sarung yang ada di lemari/ rak mesjid. Cucilah mukena dan kain sarung dari masjid tadi di rumah atau di laundry ,  setelah selesai dicuci dan disetrika lalu tukar dengan mukena dan kain sarung yang belum di cuci. Usahakan kegiatan ini seterusnya , hal kecil yang bisa mendatangkan pahala yang berkelanjutan.
 
2.    Beli beberapa pasang sandal jepit 
 
Belilah beberapa sandal jepit kemudian taruhlah di masjid. Banyak dari jamaah yang bersepatu dan membutuhkan sandal jepit untuk mengambil air wudhu. Besar sekali fungsi sandal jepit yang kita beli bagi orang yang akan melaksanakan sholat.
 
3.    Membeli alat kebersihan

Belilah alat kebersihan untuk membersihkan mesjid, misal sapu, lap, dan alat pel. Selain itu kita bisa membeli sabun , pembersih kaca atau pengharum toilet . Dengan mesjid yang selalu bersih membuat jamaah nyaman untuk melakukan ibadah di mesjid.

4.    Membeli Gula pasir & teh

Belilah gula pasir dan teh untuk keperluan di mesjid, teh dan gula ini nantinya bisa digunakan sebagai minuman pembuka puasa/ takjil di mesjid. Sungguh besar sekali manfaatnya , dengan segelas teh manis hangat ,bisa melegakan tenggorokan yang seharian puasa menahan lapar dan dahaga.
 
5.    Membeli Al Quran

Di bulan ramadahan ini, tentu banyak orang membaca Al Quran. Biasanya setelah shalat subuh, sebelum berbuka dan setelah sholat tarawih. Belilah beberapa Al Quran, dan kemudian simpan di masjid. Setiap orang yang membaca huruf dari Al Quran tersebut yang dipakai untuk mengaji, kita akan mendapat bagian pahala.

Orang yang berbuat kebaikan akan mendapatkan Ladang Pahala di bulan Ramadhan ini, karena di bulan ini segala kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat. Kemudian ditambah lagi mendapatkan berbagai keutamaan sedekah. Kemudian jika kita bersedekah memberi hidangan berbuka puasa bagi bagi orang yang berpuasa walau pun dengan segelas teh manis, maka pahala yang sudah dilipatgandakan tadi ditambah lagi dengan pahala orang yang diberi sedekah. 
Subhanallah…
Yuk Bersedekah

Share this

0 Comment to "Ladang Pahala di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D