Friday, July 15, 2016

6 Manfaat Santan Yang Menakjubkan Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Santan atau  adalah cairan berwarna putih susu yang diperoleh dengan cara pengepresan atau perasan  hasil parutan daging kelapa dengan atau tanpa penambahan air . Santan ini sering kita gunakan sehari-hari, sebagai bahan campuran untuk pengolahan  makanan. Kandungan dari santan ini adalah mengandung lemak, santan juga mengandung tinggi protein, zat besi, dan mangan. Santan dengan pengolahan yang tepat bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagai contoh selain untuk bahan masakan, sejak dahulu santan juga dikenal berkhasiat untuk merawat dan menyuburkan rambut . Berikut akan kita bahas mengenai khasiat menakjubkan santan untuk kesehatan dan kecantikan:

Santan Kelapa


1. Memelihara kesehatan rambut
Sejak zaman nenek moyang dulu santan sudah digunakan untuk kesehatan rambut, Santan mampu memberikan kenyaman dengan memberikan sensasi dingin pada kulit kepala. Santan berfungsi sebagai pelembab alami bagi rambut , santan ini memberikan kelembaban alami dari akar hingga ke ujung rambut. Kamu bisa menggunakan santan untuk cream bath. Caranya sangat mudah. Basahi rambut kamu  dari ujung hingga akar dengan santan kelapa, kemudian pijat kulit kepala dengan lembut, biarkan selama 15 menit. Bilas rambut dengan air bersih atau dengan sampo alami. Cara yang cukup murah dan mudah untuk dilakukan.

2. Kondisioner alami
Santan merupakan kondisioner alami yang sudah dipercaya kehandalannya sejak zaman dahulu.Santan mempunyai kandungan minyak alami yang dapat menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur. Gunakan santan di rambut setelah keramas untuk mendapatkan rambut lembut.  Santan juga merupakan  minyak  rambut alami yang berfungsi sebagai solusi untuk rambut yang kusut teteskan sedikit santan ke rambut yang kusut dan ratakan kemudian sisir rambut sehingga rambut tidak kusut lagi.

3. Pelembab kulit alami
Selain bermanfaat sebagai  perawatan rambut, karena santan mempunyai sifat mendinginkan, maka santan   dapat dijadikan sebagai bahan pelembab untuk kulit. Caranya sangat mudah  dengan menambahkan setengah cangkir air mawar dan secangkir santan segar kedalam bathtub atau air mandi kamu. Bila kamu mempunyai bathtub, pakailah untuk berendam didalamnya selama  lebih 15 menit. Dengan proses ini membantu mengembalikan kelembaban kulit anda. Bila kamu tidak mempunyai bathtub , kamu juga dapat langsung menggosokkan santan segar pada kulit kamu dan membiarkannya selama 30 menit . Dengan cara demikian  nutrisi yang terkandung dalam santan dapat menyerap dengan sempurna pada kulitmu. Lakukanlah hal ini secara rutin, niscaya kamu akan mendapatkan kulit halus dan bersinar.

4. Mendinginkan kulit yang terbakar matahari
Pasti kamu pernah mempunyai keluhan pada kulit setelah anda berenang di pantai pada siang hari yang terik bukan ? Kulit kamu akan terbakar , dengan tanda kulit kamu menjadi kemerahan atau mengelupas karena terpapar sinar matahari, hal ini sangat mengganggu. Tetapi kamu tidak perlu khawatir ,yang perlu kamu lakukan adalah cukup mengoleskan santan dingin ke kulit. Kandungan lemak dan minyak dalam santan akan membantu mengurangi kemerahan dan mengembalikan kelembaban pada kulit yang terbakar sinar matahari. Santan juga dapat meringankan rasa perih luka bakar yang disebabkan oleh teriknya paparan sinar matahari.

5. Anti penuaan
Santan juga mempunyai kandungan vitamin C . Mengkonsumsi santan atau pengaplikasinyannya secara langsung pada kulit  akan  menjadikan kulit lebih elastis/ lentur dan memperlambat proses penuaan kulit.

6. Make-up remover
Santan dapat digunakan sebagai make-up remover alami. Caranya kamu dapat mencampur minyak kelapa dan santan dengan  rasio takaran 1:2, dengan menggunakan ramuan ini kamu akan mendapatkan khasiat ganda yaitu memberihkan atau menghapus make up  , juga akan berkhasiat melembabkan kulit.

Santan Kelapa


Itulah 6 manfaat santan yang menakjubkan untuk kecantikan dan kesehatan  kulit kamu.Yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Selamat mencoba semoga bemanfaat

Share this

0 Comment to "6 Manfaat Santan Yang Menakjubkan Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D