Tuesday, July 19, 2016

Pokemon Go, Game Seru Dunia Maya dan Dunia Nyata

Saat ini dunia sedang heboh dengan kehadiran game Pokemon Go , dikembangkan oleh Pokemon Company bekerja sama dengan Nintendo dan Niantic, sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat dunia, meskipun belum di rilis di Indonesia, pun tak kalah ketinggalan untuk ikut serta memeriahkan demam game yang satu ini.

Game Pokemon Go

Game Pokemon Go ini belum lama dirilis di 10 negara diantaranya Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru , tetapi hebatnya game yang satu ini sudah menjadi perbincangan di seluruh dunia. Pokemon Go permainan yang di mainkan di ponsel ini menghadirkan Pikachu dan teman-teman , permainan yang berbasis augmented-reality itu sudah mencuri perhatian netizen. Apa itu AR (augmented reality)? AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Berbeda dengan game – game yang lain pokemon go bisa membuat penggunanya keluar ruangan berjalan kaki di jalan , taman atau tempat lain dengan tujuan pemainnya untuk menangkap monster Pokemon lucu dan imut yang tersembunyi di berbagai lokasi dunia nyata. Yang bisa membuat efek terkejut dan penasaran di kalangan penggunanya. Secara garis besar, pokemon go adalah permainan yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata.

Pemain PokemonGo  bisa melihat Pokemon melalui layar smartphone dari kamera ponsel. Yang kemudian  pemain akan melihat berbagai animasi dan objek 3D di layar tersebut. Objek-objek 3D tersebut adalah berupa monster Pokemon. Lalu pemain bertugas untuk menagkap sebanyak mungkin monster pokemon , sebagai contoh bila pemain pergi ke daerah sungai atau danau maka si pemain akan mendapatkan pokemon berjenis air, atau  jenis monster – monster pokemon lainnya sesuai dengan tempat –tempat yang dikunjungi oleh pemain. Sudah tentu para pemain dituntut untuk semakin aktif berjalan ke berbagai tempat untuk menadapatkan /menangkap moster pokemon lainnya.Aktifitas ini membuat pemain akan semakin penasaran untuk menemukannya.

Monster Pokemon Go

Pokemon Go adalah permainan  gratis untuk pengguna Android dan  iOS, tetapi  sayangnya, Pokemon Go untuk saat ini belum tersedia di Google Play Store dan Apple App Store di Indonesia. Game populer ini baru tersedia di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat saja, dan rencana perilisan berikutnya di Kanada, Eropa, dan Amerika Selatan. Dan  Indonesia belum akan mendapatkannya dalam waktu dekat ini.

Meski Pokemon Go belum dirilis secara resmi di Indonesia, sudah banyak  orang-orang  yang penasaran ingin  mencoba dan memainkannya, mereka mencoba mengunduh aplikasinya dan memasangkannya di ponsel mereka. Sayangnya dengan cara seperti ini banyak sekali kekurangan dalam memainkannya.Tapi kamu harus berhati – hati bila ingin mengunduh dan menjalankan APK Pokemon Go, karena banyak sekali malware atau virus  yang menyamar menjadi Pokemon Go, jadi hati – hati dalam memilih APK Pokemon Go

Saking santernya game pokemon go ini, sehingga menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat, beberapa kalangan mengkawatirkan khususnya pengguna di kalangan anak – anak .
Jika dilihat dari sisi Positifnya, permainnan yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stress  ini penuh dengan  tantangan, menuntut pemain bergerak aktif untuk  berburu keberadaan monster pokemon tersebut di Pokestop (tempat berkumpulnya pokemon). Dengan aktifitas fisik ini membuat pemain harus aktif bergerak yang bagus untuk kesehatan .

Tetapi salah satu sisi Negatifnya permainan ini menyita banyak waktu pemainnya dan cenderung untuk kecanduan, banyak pemain yang terlena akan aktifitas utamanya dan memilih untuk memainkan game pokemon, kesenangan akan game pokemon ini membuat pemain lupa akan tanggung jawabnya, terutama untuk anak-anak sekolah, yang dikhawatirkan menjadi malas untuk belajar.
Disisi negative lainnya di khawatirkan timbul kecelakaan bila dimainkan secara tidak wajar, misal berburu pokemon pada saat mengendarai kendaraan yang membuat si pengendara konsentrasinya terpecah, atau mungkin saking asyiknya berjalan mencari pokemon tidak menghiraukan lingkungan sekitar yang bisa membuat pemainnya mengalami kecelakaan, atau tersesat di suatu daerah.

Game Pokemon Go

Oleh karena itu Alangkan baiknya bermain dengan wajar dan membatasi waktu. Baiknya sering mengingatkan diri bahwa masih ada kegiatan lain yang harus dilakukan yang lebih bermanfaat.


Share this

0 Comment to "Pokemon Go, Game Seru Dunia Maya dan Dunia Nyata"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D