Tuesday, July 12, 2016

Film “ Untuk Angeline “, Film Bioskop Yang Menyayat Hati

Film “ Untuk Angeline “ ini diambil dari kasus pembunuhan Angeline yang terjadi pada tahun 2015, Film ini disutradarai oleh Jito Banyu ,digarap oleh rumah produksi Citra Visual Cinema, dan Produser film ini adalah Niken Septikasari. Niken Septikasari  mengatakan bahwa alur cerita produksi perusahaannya berasal dari pengakuan ibu kandung Angeline yaitu Hamidah

Film “ Untuk Angeline “, Film Bioskop Yang Menyayat Hati

Sinopsis film “ Untuk Angeline “ bercerita tentang  Hamidah (Kinaryosih), seorang perempuan yang tinggal di sebuah dusun kecil di  kota Banyuwangi. Ia dan keluarga hidup miskin dan serba kekurangan . Saat Hamidah atau Midah ( panggilan akrabnya ) hamil dan memasuki usia kehamilan  usia ke 8 bulan, Midah memutuskan mengikuti Santo  (Teuku Rifnu Wikana) suaminya  pindah ke Bali untuk bekerja sebagai kuli bangunan di Bali.

Setelah sekian lama Midah tinggal di Bali, . Kehidupan Santo dan Midah tidak  membaik . Justru  saat memasuki waktu  untuk melahirkan, kandungannya tidak bisa diatasi oleh bidan. Midah dirujuk pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Midah kemudian melahirkan di rumah sakit . Ia melahirkan seorang anak perempuan cantik. Karena Midah dan Santo hidup miskin, maka biaya atas kelahirannya itu  Midah dan Santo tidak bisa melunasi administrasi untuk menebus bayinya dari rumah sakit.

Lalu saat Santo berada di Apotek  Santo bertemu dengan John, seorang warga negara asing bersama istrinya Terry (Roweina Umboh), yang menawarkan bantuan kepada Santo. Karena Santo sudah “menyerah” atau tidak sanggup utuk menebus bayinya, maka Santo dan John bersepakat untuk menebus dan mengadopsi anak itu oleh John. John dan Terry memberi nama yang diadopsinya dengan Nama Angeline karena wajah bayi itu bersinar seperti bidadari.

Mereka bersepakat, Midah dan Santo sebagai ayah kandungnya tidak diperbolehkan bertemu dengan nya setelah usia 18 tahun.Saat Angeline berpindah tangan, hati Midah hancur lebur, dia hanya bisa menangis sambil memegang botol bayi.Dan Midah memutuskan pergi untuk bekerja agar suatu saat nanti dapat menebus Angeline kembali. Lalu, ia mencari kerja dan diterima bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Malaysia.

Di Bali, John sangat sayang dan memperlakukan Angeline seperti anak kandungnya sendiri. Meskipun John dan Terry sudah punya anak laki-laki bernama Kevin. Hadirnya Angeline membuat Kevin cemburu. Dia terlihat tak suka dengan Angeline.

Suatu malam, John mendongengkan sesuatu ke Angeline, John bercerita tentang negeri yang indah dengan banyak gulali dan raja serta ratu yang baik hati. John bilang bahwa Angeline adalah putri raja yang akan bahagia yang mempunya senyuman manis bak gulali. Ternyata  malam itu merupakan malam terakhir John menemani Angeline, John meninggal dunia karena serangan jantung.

Setelah ditinggal sang ayah angkat , Angeline kini sudah berusia 9 tahun dan tinggal bersama Terry , Kevin, dan seorang Satpam. Hidup Angeline sungguh berbeda, Terry memperlakukan Angel tidak sebagaimana mestinya. Makan untuk  Angeline  pun jarang dipersiapkan , Angeline harus menuruti semua kemauan  Terry. Angeline juga harus mengikuti semua yang Kevin inginkan. Kadang Angel dengan wajah kumal berangkat ke sekolah. Angeline berangkat sekolah dalam keadaan perut lapar karena dia lebih mengutamakan memberikan makan kucing-kucing piaraan Terry.

Semua berjalan semakin parah, di dalam rumah itu Angeline diperlakukan bukan seperti anak manusia. Hingga akhirnya, Angeline dikatakan menghilang. Foto Angeline tersebar luas.

Midah kembali ke Indonesia sepulang menjadi TKW dari Malaysia. Saat di Malaysia Midah sering mengirimkan uang kepada Santo untuk ditabung yang nantinya untuk mencari dan menebus Angeline, tetapi  Justru saat itu Santo menikah lagi dengan perempuan lain.
Dengan kecewa Midah kemudian mencari Angel seorang diri dengan berbekal foto bayi Angel.
Hingga pada suatu malam, tiba-tiba polisi mengetuk pintu rumah Midah, Polisi tersebut  meminta Midah datang ke rumah sakit. Di rumah sakit, kaki Midah serasa mau copot dan perasaan Midah sungguh tersayat, di depan matanya terdapat mayat anak perempuan terkulai kaku sudah menjadi mayat, dan itu adalah Angeline anak kandungnya.

Bagi Midah, kini Ageline sedang dipeluk dan dijaga oleh malaikat.' Atas kematian anaknya itu  Midah akan berjuang hingga tahu siapa yang sebenarnya tega membunuh anak perempuan nya itu.

Film “ Untuk Angeline “, Film Bioskop Yang Menyayat Hati

Film "Untuk Angeline" yang akan tayang pada tanggal 21 Juli 2016 ini diharapkan bisa menjadi kampanye anti kekerasan anak .



CAST & CREW
Genre : Drama
Tanggal Rilis Perdana : 21 Juli 2016
Studio : Sonia Gandhi Cinema
Sutradara : Djito Banyu
Produser : Sonia Gandhi
Penulis Naskah : Lelelaila
Pemain : Meylani Fahira, Kinaryosih, Paramitha Rusady, Teuku Rifnu Wikana, Naomi Ivo, Dewi Hughes, Roweina Umboh, Kak Seto

Share this

0 Comment to "Film “ Untuk Angeline “, Film Bioskop Yang Menyayat Hati"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D