Saturday, August 6, 2016

Styrofoam, Wadah Makanan Yang "Mematikan"!

Pasti diantara kita pernah menggunakan styrofoam sebagai wadah makanan, penggunaan  styrofoam untuk kemasan / wadah makanan belakangan ini sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Mulai dari restoran sampai tukang makanan kaki lima menggunakan Styrofoam sebagai bungkus makanan mereka. Kemasan yang berbentuk menarik, berwarna putih bersih  itu terlihat menarik. Tapi tahu kah kamu kalau menggunakan styrofoam pada untuk kemasan produk makanan itu sangat berbahaya, yang bisa mengancam kesehatan kita. ?


Styrofoam, Wadah Makanan Yang "Mematikan"!

Mengapa Styrofoam berbahaya bagi kesehatan ? Benda tersebut terbuat dari bahan kima berbentuk butiran bernama styrene, yang dalam proses pembuatannya menggunakan benzena. Benzena tersebut merupakan suatu zat yang berbahaya bagi tubuh.Benzena bisa menimbulkan banyak gangguan pada organ tubuh, misal pada kelenjar tyroid, menggagu sistem syaraf, menggangu jantung, sulit tidur, gemetara dan gelisah.tidak sedikit dari benzene tersebut menimbulkan kematian.

Apabila benzene tersebut masuk kedalam tubuh kita melalui mulut, dan zat tersebut akan masuk kedalam sel darah dan seiring waktu terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang. Efek lainnya bisa menyebabkan infeksi dan bagi kaum wanita akan mengakibatkan gangguan menstruasi dan gangguan kehamilan sehingga mengancam bagi janin. Dan efek buruk yang tidak kalah berbahayanya yaitu bisa memicu penyakit kanker.

Styrofoam, Wadah Makanan Yang "Mematikan"!


Lalu bagaimana benzene bisa masuk kedalam tubuh kita, padahal Styrofoam berbentuk padat..? Saat menggunakan Styrofoam sebagai media atau wadah makanan, makan makanan tersebut akan akan terkontaminasi oleh zat dari Styrofoam tersebut. Perpindahannya semakin cepat apabila makanan yang ada didalam wadah Styrofoam tersebut berlemak tinggi, selain itu makanan atau minuman yang bisa mempercepat kontaminasi itu adalah alkohol, asam ( minuman yang masam ). Selain itu semakin panas makanan yang  dimasukan ke wadah Styrofoam tersebut akan semakin cepat pencampuarnnya ke dalam makanan. Padahal tujuan si penjual menggunakan Styrofoam sebagai media makanan mereka supaya bisa menahan panas.Jadi sudah pasti makanan yang ada didalam wadah Styrofoam tersebut sudah tercampur zat berbahaya dari Styrofoam itu sendiri.
Selain buruk bagi kesehatan , Styrofoam juga berbahaya bagi lingkungan , karena Styrofoam tidak bisa diurai oleh alam, semakin banyak penggunaan Styrofoam maka semakin banyak pula pencemaran yang terjadi di lingkungan.
Styrofoam, Wadah Makanan Yang "Mematikan"!
Wadah Makanan Yang Berbahaya!!


Melihat betapa bahaya nya Styrofoam bagi kesehatan dan lingkungan , maka sudah banyak Negara yang melarang penggunakan Styrofoam sebagai wadah / tempat makanan . Dan menggantinya dengan menggunakan media kertas. Jadi baiknya bila membeli makanan perhatikan wadah yang dipakai si penjualnya, selektiflah demi kesehatan kita

Share this

0 Comment to "Styrofoam, Wadah Makanan Yang "Mematikan"! "

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D