Sunday, June 26, 2016

Berburu Istimewanya Malam Lailatul Qadar , Jangan Sampai Terlewat…!

Malam Lailatul Qadar

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah terdapat satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan , yaitu malam Lailatul qadar . Malam Lalatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa, disebutkan di dalam Al Quran dalam surat Al Qadr. Lalu kapankah terjadinya malam Lailatul Qadar ? Allah SWTmerahasiakan kapan tepatnya malam Lailatul Qadar ini terjadi, tetapi menurut beberapa hadist malam Lailatul Qadar ini jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29. Maka pada sepuluh malam terakhir  di bulan Ramadhan inilah umat Islam agar meningkatkan ibadah dan memperbanyak  amal pada malam – malam tersebut.

Rasulullah bersabda :
Diperlihatkan kepadaku Lailatul Qadar , tetapi dilupakan atau aku lupa, Maka carilah pada sepuluh hari terakhir, pada ( malam-malam ) ganjil ( Shahih Bukhari,2/1912).
Begitu istimewa malam Lailatulqadarini , Rasulullah s.a.w. menganjurkan supaya umatnya bersungguh – sungguh dalam menyambut  malam yang istimewa itu dengan amal dan ibadah.

Berikut beberapa amalan di Malam Lailatul Qadar: 

1.    I’tikaf pada sepuluh terakhir di bulan Ramadhan. I’tikaf adalah berada di dalam mesjid dengan niat mendekatkan diri kepada Allah
Diriwayatkan bahwa Rasulullah senantiasa beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Aisyah berkata,”Nabi beri’tikaf padasepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya “ ( Shahih Bukhari,2/1923; Muslim,2/1172)

2.    Meningkatkan amal ibadah dan bersungguh –sungguh.

3.    Memperbanyak membaca Al Quran

4.    Melaksanakan Shalat malamQiyamullail pada malam harinya.

5.    Disunahkan membaca do’a yang diajarkan Rasalullah kepada Aisyah; “ Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai kemaafan, maka maafkanlah aku( Tirmidzi, hadist Hasan shahih)

Tanda malam Lailatul Qadar

Rasulullah bersabda: Ia malam yang sangat cerah, tidak panas juga tidak dingin. Seperti ada Bulan yang memperlihatkan bintang-bintangnya, Dan Setan tidak keluar sampai Fajar terang ( Ibnu Huzaimah,3/2190)

1.    Terbit matahari , cerah, tetapi sinarnya lembut dan tidak menyengat.

2.    Udaranya sejuk dan tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi: "Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.”

3.    Tanda malam lailatur Qadar di malam ini bulan muncul separuh

4.    Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dalam beribadah.

Keutamaan Malam Lailatul Qadar :
1.    Al Quran diturunkan pada Malam Lailatul Qadar

2.    Beribadah Pada malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan

3.    Pada Malam itu para malaikat dan malaikat Jibril turun ke Bumi.

4.    Pada malam Lailatul Qadar tersebar kebaikan di seluruh dunia

5.    Lailatul Qadar adalah malam yang di berkahi Allah

6.    Seluruh ketentuan dan takdir Ilahi daitetapkan di malam Lailatul Qadar

7.    Bagi mereka yang melaksanakan ibadah pada malam lailatul Qadar akan mendapatkan pahala yang besar.

Malam Lailatul Qadar hanya terjadi satu hari dalam setahun di bulan Ramadhan. Itulah sebabnya malam mulia itu sangat berharga dan begitu spesial bagi umat Islam, oleh sebab itu, kita sambut Malam Lailatul Qadar ini dengan bersungguh – sungguh. Semoga kita dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar yang begitu istimewa . Aamiin.

Share this

0 Comment to "Berburu Istimewanya Malam Lailatul Qadar , Jangan Sampai Terlewat…!"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D