Saturday, June 4, 2016

Cara Mencegah Munculnya Jerawat

Mencegah jerawat





Saat menginjak usia remaja , muncul masalah pada muka kita…..ya.... jerawat…. Lantas apa yang menyebabkan si jerawat ini muncul secara tiba – tiba ? penyebab jerawat muncul di wajah  adalah karena terjadi perubahan hormon dalam tubuh kita .  Suatu hal yang normal bagi remaja yang menginjak masa pubertas akan mengalami perubahan hormon.
Perubahan hormon dalam tubuh kita  akan memicu produksi kelenjar minyak di tubuh kita. Akibatnya kulit akan memproduksi minyak dikulit yang akan memyebabkan kulit kita akan berminyak terutama di bagian wajah, leher,punggung,dada dsb. Nah akibat kulit kita berminyak maka akan muncul jerawat. Akibatnya tidak sedikit  remaja yang mengalami masalah jerawat yang cukup parah. Ugh…..memang jerawat membuat kita minder….Tapi jangan terlalu panik.
Kita akan coba kupas tentang bagai mana supaya kita tidak gampang jerawatan secara alami :
Cara mencegah munculnya jerawat:
Cuci muka bisa mencegah jerawat
1.    Karena Wajah kita berminyak, sehingga menyebabkan mudahnya kotoran menempel di wajah . Oleh karena itu kita harus selalu teratur membersihkan wajah kita. Dengan teraturnya mencuci wajah kita, secara otomatis kotoran di wajah kita akan hilang,
2.    Menjaga kebersihan rambut. Cucilah rambut kita secara teratur, karena rambut yang berminyak bisa menyebabkan kotoran pada rambut bisa berpindah ke wajah kita.


Stress memicu jerawat

3.    Stres…bisa menyebabkan munculnya jerawat, perubahan hormon akibat stress akan sangat mempengaruhi munculnya jerawat di wajah kita, jadi kelola stress kita dengan baik.
4.    Makan makanan yang sehat, dengan  pola makan yang sehat yang bisa menutrisi kulit, membuat kulit kita sehat dan cantik . Salah satu makanan yang membuat kulit kita sehat adalah :
Makanan pencegah jerawat

a.    Stroberi : Buah ini mengandung banyak vitamin C dan asam elagik yang tinggi, yang berguna untuk kesehatan kulit.
b.    Wortel : Wortel adalah makanan yang kaya akan betakaroten yang berfungsi melindungi kulit kita dari teriknya sinar matahari.
c.    Tomat : Buah yang mengandung zat likopen yang tinggi, berfungsi sebagai pelindung rusaknya kulit kita kulit dari ancaman radikal bebas
d.    Alpukat : Buah yang kaya akan Vitamin E yang bisa merangsang pembentukan sel – sel kulit baru
e.    Brokoli
Sayuran ini kaya sekali dengan kandungan vitamin diantaranya vitamin A , B , C , E , dan K , dan juga brokoli mengandung zat anti – oksidan yang dapat membantu melawan / mengurangi jerawat .
f.    Biji-bijian
Makanan pencegah jerawat berikutnya adalah makanan biji-bijian diantaranya adalah Sereal , roti dan makanan gandum lainnya dapat membantu mencegah jerawat. Makanan ini  mengandung seng yang dapat membantu dalam mencegah jerawat dan membantu mengurangi bekas jerawat .
g.    Teh hijau
Sudah tidak asing lagi teh hijau  memiliki kandungan polifenol yang baik dalam memperkuat sel sehingga teh hijau ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan kulit kita.
h.    Makanan yang Mengandung Omega – 3
Salah satu makanan yang kaya akan kandungan asam lemak Omega – 3 adalah ikan salmon Selain omega-3 ikan salmon juga mengandung astaxanthin yang dapat membantu mencegah jerawat .
Astaxanthin adalah zat yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan pada kulit dan mencegah timbulnya kerutan. Sedangkan omega-3 berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit .Omega 3 selain berfungsi sebagai zat pembantu kesehatan kulit juga dapat mencegah timbulnya kanker.
Selain ikan Salmon Beberapa makanan yang mengandung omega – 3 adalah kenari , sarden , kacang kedelai , udang.


Share this

0 Comment to "Cara Mencegah Munculnya Jerawat"

Post a Comment

Kamu komentar yah? Pasti orang KECE yah?? :D